Skip to main content

Rokok Alternatif IQOS, JOUZ, dan COOLPLAY, Mana yang Kamu Pilih?

Meningkatnya pengguna rokok elektrik beberapa tahun terakhir, mendorong para pelaku industri rokok untuk menciptakan produk rokok dan tembakau alternatif guna memenuhi permintaan pasar yang terus bertambah. 

Saat ini ada berbagai macam jenis produk rokok tembakau alternatif yang dipanaskan atau Heat Not Burn (HNB) Device yang beredar di pasaran. Beberapa contoh diantaranya termasuk produk yang menggunakan stick tembakau (heatstick) IQOS, dan JOUZ serta COOLPLAY.


IQOS dikenalkan dan diumumkan pada bulan Juni tahun 2014. Produk ini dipasarkan oleh Philip Morris International (PMI). Meskipun dipasarkan sebagai produk baru, namun produk ini sangat mirip dengan produk "Accord" yang sebelumnya dirilis oleh perusahaan yang sama pada tahun 1998. 

Awalnya, IQOS diluncurkan pada 2014 lalu di Nagoya, Jepang, dan Milan, Italia. Setelah itu, IQOS secara bertahap diluncurkan ke beberapa negara lainnya. Pada bulan Oktober tahun 2019, IQOS telah tersedia di 49 negara. Philip Morris International (PMI) memproyeksikan bahwa 30 miliar unit akan terjual, selain itu IQOS akan mampu meningkatkan laba sekitar 700 juta dollar Amerika Serikat. Pada bulan Oktober tahun 2018, Philip Morris International (PMI) memperkenalkan IQOS dengan versi yang lebih murah yang dinamakan IQOS 3 di Tokyo, Jepang serta IQOS 3 Multi yang juga diluncurkan, yang diklaim mampu digunakan berulang kali secara berturut-turut.

Produk IQOS sendiri terdiri dari pengisi daya seukuran ponsel dan dudukan yang mirip bolpoin. Kemasan IQOS mirip dengan iPhone atau smartphone ekslusif kelas atas. Mereka juga menjual stick tembakau dengan sekali pakai atau disebut Heatsticks atau HEETS di beberapa tempat yang digambarkan seperti rokok kecil atau mini. Stick tembakau atau Heatstick ini mengandung tembakau olahan yang telah direndam dalam propilen glikol. cara penggunaannya, Heatstick dimasukkan kedalam dudukan (device) yang kemudian dipanaskannya pada suhu hingga 350°C.
Heatstick atau Heets tersedia dalam rasa original, balance, menthol dan mint. Beberapa pengguna mengatakan lebih sedikit bau pada pakaian dibandingkan dengan rokok biasa atau konvensional.

Food and Drug Administration (FDA) atau Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat mengumumkan izin untuk penjualan IQOS di Amerika Serikat pada tanggal 30 April 2019. Izin ini juga mengharuskan perusahaan untuk tunduk dan mengikuti batasan pemasaran yang sangat ketat. Secara resmi, IQOS diluncurkan di Amerika Serikat pada bulan Oktober 2019.

Saat ini, dari data yang dihimpun oleh tim HNB Device, Jouz dapat dibeli secara online, namun anda harus login terlebih dahulu melalui website nya disini

- JOUZ


Dilansir dari laman websitenya Jouz menyatakan selama ribuan tahun, hanya ada satu cara untuk menikmati nikotin yaitu dengan membakarnya dalam sepuntung rokok.
Cara ini tidak jarang menimbulkan masalah tersendiri, bagi perokok itu sendiri maupun orang-orang disekitarnya. Namun Jouz mengklaim
bahwa kini, zaman telah berubah. Dewasa ini, telah ditemukan cara baru untuk merokok dengan
cara dipanaskan bukan dibakar.
Jouz menggunakan daun sebagai motif brandnya, dan senantiasa membuat perusahaan teringat kembali pada misi utamanya yaitu: menciptakan udara dan lingkungan sekitar yang lebih bersih dan sehat. Misi ini sangat berarti bukan saja bagi para perokok, namun juga bagi mereka yang tidak merokok.

JOUZ secara gamblang menyatakan bahwa tim designer mereka direkrut dari Harman Kardon, tim marketing dari LVNH, tim engineer dari Huawei, tim sales dari Alibaba, serta para expert dari perusahaan rokok elektronik top dunia lainnya. Tak heran memang JOUZ mengklaim demikian, karena memang design mereka telah diakui dan mampu memenangkan penghargaan “IF Design Award 2019”. Pada Juni 2018, sebagai debut, kami merilis Jouz 20 dan Jouz 12 di Tokyo dan mampu merebut hati banyak orang. Bahkan, Jouz secara terhormat meraih penghargaan sebagai “Best Sellers on Amazon & Rakuten”. Perusahaan juga mulai memasarkan Jouz di Rusia dan Korea Selatan serta Tiongkok. Dalam situsnya juga disebutkan bahwa mereka juga akan memasuki Indonesia.

Dari data yang berhasil dihimpun oleh tim HNB Device, terdapat satu toko yang berstatus Official Store di Tokopedia bernama JOUZ OFFICIAL STORE, sementara di e-commerce lainnya seperti Bukalapak ataupun Shopee belum ditemukan Official Store untuk produk tersebut.


Dari keterangan yang berhasil dihimpun oleh tim HNB Device, COOLPLAY memiliki Tim Research & Development (R&D) yang inovatif dan memiliki 15 tahun pengalaman dalam hal pengembangan ponsel pintar (smartphone) serta lebih dari 5 tahun pengalaman dalam pembuatan rokok elektronik (e-cigarettes).

Desain produk COOLPLAY diklaim selalu mengikuti model dan gaya yang sederhana. Tidak hanya COOLPLAY, lini produk perusahaan ini meliputi vape sekali pakai, vape yang dapat diganti, vape pengisian bahan bakar, Heat Not Burn (HNB), CBD dan produk lainnya. Perusahaan tersebut berlokasi di China Shenzhen Nanshan Science and Technology Park Creative Building, sebuah perusahaan teknologi tinggi yang mengintegrasikan R&D, manufaktur serta pemasaran merek.

Saat ini, pelanggannya telah menjangkau lebih dari 90 negara, termasuk Amerika Serikat, Negara-negara Uni Eropa, Russia, Korea Selatan, Jepang, Meksiko dan Argentina, serta tidak menutup kemungkinan Indonesia kedepannya.

Saat ini, belum ditemukan satupun Official Store terkait COOLPAY Heat Not Burn Device di Indonesia. Patut ditunggu kehadirannya sebagai pilihan bagi rokok alternatif yang semakin beragam.
Selain beberapa merek yang cukup terkenal diatas, mungkin temen-temen ada yang memiliki tambahan atau opsi lain untuk dinominasikan?

Apa device yang kamu gunakan saat ini? Yuk diskusi di kolom komentar, untuk membantu teman-teman lainnya yang kekurangan informasi terhadap produk terkait.


sumber:
1. iqos

2. jouz
3. coolplay