Skip to main content

Heat Not Burn Device, Cara Baru Merokok dan Menikmati Tembakau

Pengertian Rokok elektrik adalah sebuah inovasi dari bentuk rokok tradisional menjadi rokok modern yang saat ini lebih dikenal dengan Heat Not Burn Device (HNB Device). Produk Heat Not Burn Device ini biasanya memanaskan tembakau, bukan membakar tembakau atau bahkan menggunakan cairan seperti rokok elektrik jenis Vape (liquid).
Rokok elektrik ini diklaim sebagai jenis rokok yang lebih sehat dan ramah lingkungan dibandingkan dengan rokok tradisional biasa serta tidak menimbulkan bau atau asap yang berlebih. Hal lain yang membedakan rokok elektrik HNB Device dengan rokok tradisional ini adalah, rokok elektrik lebih hemat karena bisa diisi ulang. Rokok isi ulangnya pun berbentuk seperti batang rokok tradisional pada umummnya, namun lebih kecil dan padat.

Selain itu, sesuai namanya Heat-Not-Burn ini tidak membakar tembakau seperti rokok-rokok tradisional lainnya. HNB Device ini memanaskan tembakau menggunakan device yang didukung dengan tenaga baterai yang bisa diisi ulang.
Rokok elektrik dianggap sebagai salah satu cara bagi perokok untuk mengurangi merokok bahkan berhenti merokok sekaligus.
HNB Device dipasarkan sebagai alternatif yang lebih aman daripada produk tembakau atau rokok biasa. Namun hingga saat ini keberadaannya masih menuai kontroversi baik pro dan kontra.

Gambar heatstick | sumber
A: Tembakau yang direkonstitusi, dibuat dari suspensi tembakau kering. 70% tembakau, humektan (air dan gliserin) mendorong pembentukan aerosol, zat pengikat dan aroma. | B: Tabung atau filter asetat berongga | C: Filter polimer mendinginkan aerosol | D: Corong selulosa asetat lunak, yang meniru nuansa rokok tradisional


Produk tembakau yang dipanaskan terdiri dari tiga komponen dengan fungsi berbeda. Termasuk stick tembakau dengan tembakau olahan, alat pemanas (device), dimana heatstick dimasukkan kemudian dipanaskan dengan pemanas yang ada pada device dan dikendalikan secara elektrik dengan daya (charger), yang dapat diiisi ulang setelah digunakan. Produk tembakau yang dipanasakan atau Heat Not Burn device akan menghentikan proses pemanasan secara otomatis setelah sekitar kurang lebih enam sampai dengan tujuh menit atau 14 hisapan (puff).

Bagaimana? Tertarik dengan rokok elektrik Heat Not Burn Device?
Atau mungkin Anda salah satu pengguna HNB Device? Silahkan berbagi kepada teman-teman lainnya di kolom komentar!
Ikuti terus blog kami untuk info dan update-update salanjutnya.


sumber:
1. wikipedia indonesia
2. Wikipedia English